Rabu, 01 Agustus 2012

Makalah PR (Analisys Swot)

BAB I PENDAHULUAN 

 1.1 Latar Belakang 

           Perpindahan dari kampus lama kekampus baru yang berada ditengah kota dan dekat dengan kampus-kampus lain mengharuskan Prosia School Of Communication mempunyai strategi khusus agar bisa bersaing dalam prestasi maupun mencari calon mahasiswa baru agar tidak sampai kekurangan mahasiswa yang akan mempengaruhi proses perkuliaahan. Selain itu juga harus bisa mengantisipasi kemungkinan kemungkinan ancaman yang ada baik dari luar maupun dalam kampus itu sendiri. Untuk itu di perlukan sebuah analisa sebagai bahan rujukan dalam rangka menyusun program dan strategi kerja selanjutnya. Analisa ini di kenal dengan istilah analisa SWOT yaitu sebuah analisa untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan, memanfaatkan peluang yang di miliki serta menyiapkan langkah – langkah preventif untuk mengatasi ancaman yang mungkin muncul.


1.2 Rumusan Masalah 

 Adapun rumusan masalah yang ada pada makalah ini adalah : 1. Seberapa besarkah ancaman yang datang baik dari luar maupun dari dalam? 2. Bagaimana cara mengatasi ancaman dan kelemahan yang mempunyai kecenderungan menghasilkan rencana jangka pendek yaitu rencana perbaikan?

1.3 Tujuan

 Tujuan penulisan makalah ini agar kita lebih mengetahui kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan ancaman yang ada pada kampus baru Prosia School Of Communication untuk melakukan perencanaan dalam upaya mengantisipasi masa depan dengan melakukan pengkajian berdasarkan pengalaman dari kampus lama, ditopang sumber daya dan kemampuan yang dimiliki saat ini yang akan diproyeksikan kemasa depan
  
 BAB II PEMBAHASAN 

 Visi dan Misi (Prosia School Of Communication) 
Visi 
 - Menjadi perguruan tinggi komunikasi yang unggul, berkualitas, dan terbaik
 Misi 
 - Melaksanakan pendidikan bernuansa humanis yang berorientasi kepada penciptaan lulusan yang memiliki kompetensi professional, kompetensi keilmuan, kompetensi perilaku, dan kepribadian

 2.1 Definisi Analisis Swot 
       Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek, atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal ( kekuatan dan kelemahan ) dan factor eksternal ( kesempatan dan ancaman ). ( Daniel Start dan Inggie Houvland ) Kemudian analisis SWOT juga merupakan instrument perencanaan stratesis yang klasik, dengan menggunakan kerangka kerja kekuatan dan kelemahan serta kesemmpatan dan ancaman. Instrument ini memberikan cara sederhanana untuk memperkirakan cara terbaik untuk melaksanakan sebuah strategi. Instrument ini menolong para perencana apa yang bisa di capai dan hal apa saja yang di perlukan oleh mereka. Analisa SWOT adalah sebuah analisa yang di cetuskan oleh Albert Humprey pada dasa warsa 1960 – 1970an, yang memimpin risetnya di universitas Standford. Metode analisis SWOT bisa di anggap sebagai metode yang paling dasar, yang berguna untuk melihat suatu topik atau permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil analisa biasanya adalah arahan atau rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan dari peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan menghindari ancaman. Jika di gunakan dengan benar, analisa SWOT akan membantu kita utuk melihat sisi – sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini. Analisa ini bersifat deskriptif dan terkadang akan sangat subjektif karena bisa jadi dua orang yang menganalisis sebuah organisasi akan memandang berbeda ke-empat bagian tersebut. Hal ini di wajarkan karena analisis SWOT adalah sebuah analisis yang akan memberikan output berupa arahan dan tidak memberikan solusi “ ajaib “ dalam sebuah permasalahan,

  2.2 Tujuan Analisis Swot 
        Analisa SWOT di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi nyata yang terjadi di lingkungan internal dan eksternal organisasi, sehingga dapat mulai membuat rencana program kerja yang sesuai dengan kondisi yang di butuhkan, dan mampu untuk di laksanakan oleh pengurus tersebut.

 2.3 Fungsi dan Manfaat Analisis Swot 
       Sebagai alat analisa, analisa SWOT berfungsi sebagai panduan pembuatan peta. Ketika telah berhasil membuat peta, langkah tidak boleh beerhenti karena peta tidak dapat menunjukan kemana harus pergi, tetapi peta dapat menggambarkan banyak jalan yang dapat di tempuh jika ingin mencapai tujuan tertentu. Peta baru akan berguna jika tujuan dari sebuah organisasi tersebut telahdi tetapkan. Dan yang menjadi tujuan dari sebuah organisasi adalah visi dan misi dari organisasi tersebut. Sehingga anaisa SWOT dapat berjalan dengan baik aabila visi dan misi organisasi telah terbangun. Analisis SWOT (Prosia School Of Communication)

2.4 Strengths (kekuatan)
       PROSIA School Of Communication kini telah mempunyai kampus sendiri yang berada didaerah Matraman, Jakarta Pusat. Sebelumnya Prosia bertempat didaerah ruko Cempaka Mas dengan gedung yang masih berstatus sewaan. Dengan adanya kampus baru ini tentunya akan menjadikan Prosia lebih diminati masyarakat, dan para mahasiswanya juga pasti akan lebih bersungguh-sungguh dalam mengikuti setiap mata kuliah yang ada agar mampu bersaing prestasi dengan para mahasiswa dari kampus lain.Khususnya dikampus- kampus yang letaknya dekat dengan Prosia dan sudah cukup terkenal seperti Universitas Indonesia (UI), Bina Sarana Informatika (BSI), dan UPI YAI, dan yang lainnya. Letak kampus yang dekat dengan halte Trans Jakarta, akan mempermudah akses mahasiswa datang kekampus yang memanfaatkan jasa tranportasi umum ini, selain dengan Trans Jakarta para mahasiswa juga bisa memanfaatkan angkutan umum yang lain seperti Mikrolet 01A, dan bus-bus mini yang lain. Selain akses yang mudah menuju kampus, Kampus yang sekarang juga dekat dengan toko buku Gramedia yang menyediakan buku-buku serta peralatan yang dibutuhkan bagi seorang mahasiswa untuk mendukung perkuliahan mereka, sehingga tidak perlu jauh-jauh mencari toko buku dan itu akan lebih menghemat biaya. Dikampus Prosia terdiri dari dua jurusan yang sudah cukup terkenal yaitu PR (public relations) dan Advertising yang paling diminati oleh calon calon mahasiswa baru, karena dengan mengambil salah satu jurusan tersebut banyak peluang yang sudah menanti setelah kita lulus. Prosia rencananya juga akan membuka jurusan Broadcast, jadi buat mahasiswa yang berminat dan mempunyai bakat dibidang penyiaran bisa mengembangkan dijurusan ini nantinya. Biaya pendidikan yang bisa dijangkau oleh semua kalangan baik kalangan menengah-kebawah atupun menengah-keatas sehingga dapat melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi tanpa terbebani masalah biaya kuliah yang tinggi. Banyaknya kampus lain yang dekat dengan Prosia, bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menjalin kerjasama misalnya mengadakan seminar bersama, ataupun kegiatan kegiatan lain yang bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para mahasiswa.

 2.5 Weakness (Kelemahan)
        Setiap kampus pasti ada kelemahan, begitu pula dengan Prosia yang sekarang ini berada di keramaian kota Jakarta. • Lokasi kampus yang ada ditengah kota Hal ini bisa menjadi suatu masalah apabila para mahasiswanya terjebak dalam pergaulan orang-orang yang mempunyai kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi obat-obatan terlarang, dugem, ngebut dijalan, dan kebiasaan buruk lainnya. Dikota yang besar seperti Jakarta, banyak obat-obatan terlarang yang beredar dengan harga murah, hal ini sangat mengkhawatirkan apabila ada mahasiswa yang terpengaruh dengan obat-obatan haram tersebut, kemudian mempengaruhi mahasiswa lainnya. • Tidak adanya organisasi kemahasiswaan Organisasi kemahasiswaan yaitu senat, sangat dibutuhkan untuk turut serta membina dan meningkatkan disiplin belajar mahasiswa, meningkatkan dan membina disiplin berperilaku yang sesuai dengan norma-norma perilaku sebagai manifestasi ketaqwaan dan keiman kepada Allah Yang Maha Kuasa. Dengan adanya senat juga bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat , bakat, dan keahlian mahasiswa melalui kegiatan ekstra kurikuler. Jika tidak ada senat diperguruan tinggi maka tidak ada wadah untuk menampung aspirasi dan keluhan mahasiswa, sehingga jika ada perbedaan persepsi ataupun pendapat sulit diselesaikan dengan cara musyawarah. • Kurang lengkapnya sarana dan prasarana Mahasiswa sulit untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya seperti, olahraga, bermusik, dan yang lainnya, jika tidak ada sarana yang mendukungnya. Karena sarana dan prasarana sangatlah penting bagi seseorang yang ingin mengembangkan keahlian apapun, sehingga hasil yang dipetikpun maksmal. • Jumlah mahasiswa yang masih sedikit. Sedikitnya jumlah mahasiswa bisa membuat suasana perkuliahan monoton dan kurang adanya persaingan anatar mahasiswa. • Parkiran yang sempit Parkiran yang sempit membuat para mahasiswayang menggunakan sepeda motor, harus berebut untuk dapat tempat parkir terlebih dahulu, yaitu dengan cara datang lebih awal kekampus. • Website kampus kurang lengkap informasinya Website tentang kampus stikom Prosia yang masih perlu banyak pembenahan, membuat para mahasiswa ataupun calon mahasiswa kurang mendapatkan informasi yang detail tentang kampus.

  2.6 Opportunity (Kesempatan)
        Dengan pindahnya kampus Prosia ke kampus milik sendiri didaerah Kramat, Jakarta Pusat, akan lebih banyak peluang yang akan didapatkan oleh pihak kampus maupun bagi mahasiswanya itu sendiri.  Kerja Mahasiswa atau mahasiswi dan para alumni banyak yang bergabung dan bekerja di perusahaan-perusahaan yang cukup terkenal di kawasan Jakarta.  Prosia mempunyai hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar  Peluang bersaing dengan PTN. Sebagian besar PTS belum mampu untuk bersaing dengan PTN, dan mereka hanya bisa menampung sisa-sisa calon mahasiswa yang tidak lulus dalam SPMB, Walaupun sudah banyak cara yang dilakukan oleh beberapa PTS mulai dari promosi dikoran, televise, radio, brosur, bahkan spanduk yang membentang disudut-sudut jalan kota, namun jarang terjadi para lulusan SMA ataupun SMK yang menyerbu PTS sebelum SPMB. Hal ini menggambarkan bawa betapa sulitya bagi PTS untuk merekrut calon mahasiswa hingga keberadaan PTS masih di nomor duakan. Namun, banyak mahasiswa Prosia tahun kemarin yang mendaftar sebelum SPMB. Apalagi dengan keberadaan kampus Prosia yang baru ini yang letaknya strategis, tentunya akan lebih menarik para calon mahasiswa yang akan kuliah disana.  Peluang mahasiswa yang mampu bersaing Dekatnya kampus-kampus unggulan dengan Prosia akan mempengaruhi sikap para mahasiswa Prosia untuk tidak kalah dengan mahasiswa dari kampus lain, dan itu akan menimbulkan kesadaran bagi mahasiswa untuk selalu belajar dengan serius guna berpacu prestasi dengan mahasiswa dari kampus lain.

  2.7 Threats (Ancaman) 
        Adanya kampus-kampus lain yang jaraknya dekat dengan Prosia dan juga terkenal akan fasilitas kegiatan belajar mengajarnya yang bagus menjadi pertimbangan para calon mahasiswa yang tadinya ingin mendaftar, sehingga membawa ancaman tersendiri buat Prosia. Adanya prasangka-prasangka yang tidak baik mengenai Prosia yang dilakukan di dunia maya oleh pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab juga akan mempengaruhi pandangan masyarakat sehingga membuat masyarakat bepikir dua kali lagi untuk masuk di Prosia. Banyaknya aksi-aksi demo yang berujung dengan tindakan anarkis yang sering dilakukan didaerah Jakarta bisa mempengaruhi mahasiswa untuk ikut aksi-aksi demo tersebut.  

BAB III Kesimpulan 
Dengan menduduki kampus baru, Prosia School Of Communication harus melakukan banyak perbaikan dengan melihat kelemahan-kelemahan yang ada pada saat bertempat dikampus yang lama dan kemungkina-kemungkinan kelemahan yang terjadi di kampus baru yang letaknya ditengah kota dan dekat dengan kampus kampus yang sudah mempunyai nama dan cukup dipercaya masyarakat.

  Referensi 
1. Materi kuliah Publik Relation
2. WWW.GOOGLE.COM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

content:"Posted by : Hendro
Spesial Thx For : Allah SWT Kedua Orangtua dan Kakak-Adik di Jawa Seorang Wanita yang selama ini kudambakan dan Teman-teman yang selalu ada disampingku TERIMA KASIH

Mengenai Saya

Foto saya
Semoga dengan adanya blog ini bisa memunculkan ide-ide kreatif penulis yang selama ini terpendam,dan dapat berguna buat teman-teman semuanya.